Motor
sport keluaran 70 sampai 80-an macam CB100, CB125, GL100 dan GL125
mulai dilirik penyuka modif. Dibangun gaya retro klasik atau costum.
Meski komponen mesin gampang dicari tapi urusan pengapian kadang bikin
jengkel. Maklum platina kalau lagi ngambek buat mesin batuk, mbrebet
hingga mogok total. Solusinya harus upgrade ke pengapian CDI (capasitor
discharge Ignition) seperti motor sekarang ini. Ada banyak pilihan yang
bisa disesuaikan budget dan kebutuhan.
Dari
pilihan CDI, ada tiga macam yang mudah untuk diaplikasi. Meniru milik
suzuki Tornado atau RGR150, Honda Supra X dan suzuki shogun 110
- · CDI Milik tornado.
Paling
sederhana pakai CDI Suzuki Tornado karena kabelnya Cuma tiga dari dari
sepul, massa dan koil. Tentunya sepul pengapian perlu digulung ulang
dengan kawat 0,15mm meski gampang dipasang dan murah karena tanpa pulsar
namun CDI tornado ataupun RGR kurang sip di kitiran atas.
Kalau
pengen jago dari rpm bawah hingga atas coba pakai CDI supra X, CDI ini
jago dari rpm bawah hingga atas. Ada lima kabel dari soket, yaitu sepul,
pulser, massa, kontak dan koil. Tetap pakai magnet asli CB100 dan sepul
digulung ulang kawat 0,15mm. Syaratnya mekanik harus pasang pulser
disisi dalam crankcase. Pilihlah pulser yang memang didesain buat
terendam oli. Seperti punya GL pro tech, Tiger dan shogun 110 biar awet.
Pasang pulser adalah pick-up coil yang menempel di bilah kruk as sisi
magnet. Proses bikin tonjolan dengan las listrik lalu dibentuk sesuai
selera. Mau dibikin galak di RPM atas atau gampang distarter, semua
bisa.
Cara
paling praktis justru comot pengapian komplet GL-pro keluaran 1986
hingga 1994 atau GL100 keluaran 1990 ke atas. Dari magnet, sepul dan CDI
gampang sekali masuk ke mesin CB100, tinggal pasang. Kendalanya spare
part ini rada susah dilacak di toko onder atau bahkan di pasar loak.
Alternatif lainnya comot punya komponen pengapian serupa versi KW-2,
Tapi ambil pulsar dan CDI asli honda.
- · CDI Milik shogun 110.
Untuk
magnet berikut sepul komplet honda tiger wajib buat dudukan sepul lagi
agar bisa masuk ke bak magnet asli CB100 dan bubut sisi dalam magnet
biar nggak mentok crankcas. Alternatif lain magnet plus sepul lengkap
atsrea grand juga bisa dijajal di mesin CB100. Masih dengan jurus pulser
di crankcase tapi kali ini spul pengapian asli CB100 sama sekali tidak
diubah. Kelar itu baru bisa comot CDI shogun 110 jenis DC,
konsekuensinya harus pasang aki dan kiprok baru 12 volt. Api lumayan
stabil. Syarat utama magnet tidak boleh bergesekan sama sekali ke sepul,
nyenggol dikit mesin susah hidup. Kondisi as kruk harus balance, nggak
boleh oleng.
Sebenarnya
semua bisa diaplikasi, tapi dengan catatan pandai-pandainya kita untuk
ngemodifnya agar bisa pas and bisa di geber di tunggangan kita
Kalo punya gl pro ke cb itu bisa langsung pas ya boss
ReplyDelete